( FORMULASI STRATEGI )
PENDAHULUAN
Dalam sebuah teori yang saya pelajari, saya menganalisa perekonomian Indonesia dinilai terus menguat. Penguatan itu terlihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Terbukti, di tengah ketidak pastian ekonomi global Indonesia masih bisa tumbuh 5,02% tahun lalu.
Menurut analisa saya dari Bank Dunia (World Bank) pun memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 ini sebesar 5,2%. Pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat serta harga komoditas yang lebih tinggi dinilai menjadi pendorong utama. Pertumbuhan ekonomi naik pertama kali dalam 5 tahun terakhir. PDB 2016 bisa mencapai 5,02% dari 4,9% di 2015, itu kabar baik. Setelah penguatan di 2016, pertumbuhan ekonomi 2017 diharapkan akan sangat membantu bagi kenaikan harga komoditas dan diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi 5,2% dan 5,3% di 2018,"kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo Chaves saat acara Indonesia Economic Quarterly, di Energy Building, SCBD, Jakarta, Senin (22/3/2017).
Pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga diproyeksikan akan meningkat karena nilai tukar rupiah yang stabil. Sementara, upah riil yang lebih tinggi dan angka pengangguran yang terus menurun memberi dukungan bagi peningkatan daya beli konsumen .
Pertumbuhan investasi swasta iuga diperkirakan meningkat oleh karena harga komoditas yang sudah pulih kembali, serta efek dari pelonggaran moneter pada 2016 serta reformasi ekonomi baru-baru ini. Pada saat yang sama, harga komoditas yang lebih tinggi juga akan mengurangi kendala fiskal dan meningkatkan belanja pemerintah, sedangkan pertumbuhan global yang menguat akan meningkatkan ekspor.
Namun, bukan berarti indonesia harus tenang-tenang saja, melainkan Indonesia juga masih perlu mewaspadai kondisi global saat ini. Antara lain dari perubahan dalam kebijakan perdagangan di negara-negara maju, perubahan yang tidak terduga dalam kebijakan moneter AS, ketidak pastian politik di Eropa, meningkatnya inflasi domestik yang berkepanjangan, dan penerimaan fiskal yang lemah memberikan risiko penurunan yang signifikan.
Pihak otoritas masih waspadai beberapa risiko agar bisa menjangkau setiap peluang secara hati-hati. Peluang juga datang dari perekonomian global sehingga meningkatkan perekonomian Indonesia. Juga harus memastikan pertumbuhan ekonomi berjalan inklusif sehingga memberi peluang bagi seluruh rakyat," kata dia. Sementara, Bank Dunia memproyeksi laju inflasi bakal melonjak dari 3,5% pada 2016, menjadi 4,3% di 2017 ini. Pendorongnya ialah, adanya penyesuaian tarif listrik dan pajak kendaraan bermotor. Namun demikian, inflasi diproyeksikan akan kembali turun pada tahun 2018, karena hilangnya efek kenaikan harga.
Defisit fiskal juga diproyeksikan akan meningkat oleh karena meningkatnya investasi infrastruktur publik. Keseimbangan fiskal pemerintah pusat diproyeksikan sebesar 2,6% dari PDB pada tahun 2017, lebih besar dan defisit sebesar 2,4% dalam APBN Pemerintah tahun 2017 yang sudah disetujui, semua ini analisa dari data yang kami peroleh mengenai perokonomian indonesia.
Begitu juga belanja publik yang lebih tinggi, sebagian karena adanya upaya baru untuk meningkatkan investasi infrastruktur publik, diharapkan sebagian akan diimbangi oleh pertumbuhan penerimaan, yang pada gilirannya akan dihasilkan oleh pertumbuhan PDB yang lebih kuat dan dividen dari reformasi kebijakan administrasi dan perpajakan.
Peningkatan laju inflasi yang berkepanjangan oleh karena kenaikan harga, dapat menimbulkan risiko penurunan yang besar bagi pertumbuhan konsumsi. Terlepas dari gejolak nilai tukar, konsumen pada umumnya sensitif terhadap kenajkan harga, terutama harga makanan, dan konsumsi rumah tangga merupakan bagian dominan perekonomian Indonesia.
Jika inflasi tetap tinggi dan lebih lama dari yang diperkirakan, pengeluaran konsumen dapat menurun, yang mengakibatkan pengeluaran lebih rendah. Selain itu, Bank Indonesia dapat terdorong untuk memperketat kebijakan, yang juga akan meredam pertumbuhan investasi. Pada saat yang sama, penerimaan fiskal terus menyebabkan terjadinya risiko penurunan, karena penerimaan yang rendah membatasi pengeluaran fiskal dan investasi infrastruktur yang sangat dibutuhkan.
Inilah hasil analisa yang saya lakukan dari beberapa data yang ada saya peroleh baik itu berupa tulisan maupun analisa dengan merasakan keadaan yang saya rasakan sekarang.
RUMUSAN MASALAH
Melihat semakin pesatnya persaingan, maka Setiap usaha harus memiliki mampu bersaing dalam melaksanakan usahanya untuk bersaing dengan lawan. Maka dari itu dibutuhkannya sebuah formulasi strategi yang mumpuni dalam melaksanakan usaha. Untuk itu kami disini akan mejelaskan mengenai formulasi strategi dan formulasi strategi yang digunakan oleh pemilik PT. Agrisatwa Jaya selaku PT yang mengelolah sapi-sapi lokal sesuai dengan hasil analisa dan wawancara kami.
PEMBAHASAN
Formulasi strategi (Strategic Formulation) merupakan suatu proses untuk menetapkan tujuan jangka panjang dan strategi korporasi/strategi total/strategi bisnis dan menetapkan tujuan tahunan dengan strategi fungsi. Kegiatan formulasi strategi bisa dilakukan oleh orang di luar perusahaan (seperti tenaga konsultan) dan juga bisa dilakukan oleh orang dalam perusahaan. Sebagaimana dilaporkan oleh Yone May A.H. dalam Kumpulan Hasil-hasil Penelitian Tentang Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Pembangunan Daerah di Kalimantan Timur oleh Armanu Thoyib (Eds. 2003) bahwa pada organisasi publik (organisasi pemerintah) di era otonomi daerah, Badan Perencanaan Daerah memiliki peran penting dalam membuat perencanaan pembangunan daerah termasuk perencanaan di bidang sumberdaya manusia.
Pada penerapan strategi (Strategic Implementation), hanya orang dalam (manajemen dan karyawan) perusahaan yang memiliki wewenang untuk melaksanakannya. Adul Majid Satui dalam Armanu Thoyib (Eds. 2003), menjelaskan bahwa implementasi kebijakan tanah, dalam rangka tertib administrasi pertanahan di Dinas Pertanahan Malinau Kalimantan Timur, telah dilaksanakan oleh Dinas Pertananahan bersama dengan Sub-dinasnya sesuai dengan perencanaan dan segala aturannya. Pada penerapan strategi inilah peran pemimpin sangat besar, dan disinilah McKinsey 7-S Frameworkjuga mengingatkan bahwa Style (gaya kepemimpinan) menentukan strategi. (Pearce and Robinson, 2000: 399-400).
1. PREDIKSI PERUBAHAN EKSTERNAL
Manajemen perusahan atau pengambil keputusan harus membuat berbagai pertimbangan atas kejadian pada lingkungan perekonomian dimana mereka berada. Pertimbangan ini akan sangat bermanfaan untuk memperkirakan arah perkembangan ekonomi, yang akan berpengaruh terhadaap kinerja perusahaan. perEkonomian yang dipengaruhi oleh maraknya globalisasi membuat indonesia wajib membuka pintu terhadap masuk produk-produk dari luar. Persaingan pada era globalisasi sudah tidak bisa dihindari khususnya di bidang bisnis.
Akibat persaingan yang semakin berat membuat para pengusahan/perusahaan harus bekerja keras sehingga tetap digunakan oleh pelangganya. Dengan keadaan hal yang seperti ini perusahaan tidak boleh memiliki sifat menerima atau memiliki sifat hanya menunggu saja dalam melaksanan bisnis. Manajemen harus berpikir antisipasi dan berpikir strategi agar menjadi perusahaan yang kuat dan mampu bersaing.
Untuk menjadikan perusahaan yang kuat, menejemen perusahaan wajib mengubah pola pikir yang hanya memikirkan keuntungan jangka pendek, pola pikir yang harus dilakukan adalah berpikir strategi. Salah satu caranya adalah mengimplementasikan strategi yang telas dirumuskan bersama.
2. STRATEGI INVESTASI
Strategi Investasi adalah strategi bersaing perusahaan yang sesuia dengan ukuran yang disepakati untuk mencapai tujuan yang telas ditentukan dalam jangka panjang. Ada beberapa kstrategi investasi yang diterapkan oleh perusahaan, diantaranya strategi investasi yang diterapkan oleh PT. Agrisatwa Jaya Kencana yang terletak di kec. Gondaglegi malang jawa timur berdasarkan hasil penelitian dan wawancara bersama bapak mahrus M.pd selaku pendiri dan pemilik PT. Agrisatwa Jaya yang akan diuraikan sebagai berikut:
2.1. Konsentrasi
Strategi ini cukup baik untuk PT. Agrisatwa Jaya merupakan PT yang memproduksi sapi-sapi lokal yang ada di jawa timur saja. Karna strategi konsentrasi ini lebih mengarah pada sumber daya dan dana yang dimiliki untuk mengembangkan bisnis dalam pasar tententu. melihat dari apa yang disampaikan pemilik PT, pengriman ke luar jawa pada saat adanya pemesanan serta melihat kapasitas yang ada. Karna beliau mengatakan kebutuhan masyarakat jawa timur harus Didahulukan terlebih dahulu.
Karna memang analogi sederhananya kebutuhan hidup manusia semakain hari semakin bertamnbah, sehingga mendahulukan kebutuhan hidup dilingkungannya memang harus didahulukan terlebih dahulu, sehingga strategi konsentrasi lebih tepat.
Memang dapat dijadikan sebuah landasar berpikir dalam segala aspek untuk melakukan bisnis dengan meninjau berbagai hal misalnya:
a. Semakin meningkatnya pertumbuhan manusia
b. Semakin meningkatnya aktivitas kehidupan
c. Semakin meningkatnya kebutuhan
Tiga inilah yang dijadikan landasar berpikir strategis konsentrasi oleh pendiri PT. Agrisatwa Jaya .
Strategi investasi selain memiliki strategi konsentrasi juga bisa menarik pelanggan yang dimiliki pesaing mislanya:
a. Meningkatkan promosi produk lokal kepada konsumen, karna pentinya mencintai produk lokal dari pada produk yang non lokal.
b. Menyediakan kelengkapan, sehingga para pelanggan merasa terpenuhi dan perusahaan dipercayai.
Strategi konsentrasi sangat sesuai dengan pasar, yang mana pasarnya Dituju begitu mudah, Tidak jauh, bisa menganalisa keinginan konsumen.
2.2. Perluasan Pasar
Bila manajer kurang misalnya leluasan dalam memilih strategi konsentrasi, bisa melakukan strategi kedua yaitu strategi perluasan pasar baik dalam tinkat wilayah maupun segmen pasar yang dituju. Biasanya strategi ini Diterapkan setelah strategi konsentrasi, jika startegi perluasan pasar diterapkan terlebih dahulu sangat sulit untuk menerapkannya. Makanya bannyak perusahan maupun PT terlebih dahulu mereka menerapkan strategi konsentrasi, karna dari strategi konsentrasi inilah perusahaan lebih mudah dalam menerapkan strategi perluasan pasar. Dan dua strategi ini memang harus ada demi perkembangan sebuah perusahaan maupun bisnis dal lainya.
Strategi perluasan pasar pada dasarnya menambah ruanglingkup pemasaran. Artinya perusahaan dapa melakukan atau menambah jangkauan pasar dengan strategi ini. Tentu hal ini perlu dukungan sumber daya, baik itu sdm, kendaraan, bahannya dll yang dibutuhkan. Pengembangan pasar juga dapat dilakukan dengan cara mengembangkan kualitas produk perussahaan.
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwasanya butuhnya sebuah strategi yang baik dalam mengembangnkan sebuah usaha. Usaha yang dijalankan oleh PT. Agrisatwa jaya merupakan usaha yang memiliki strategi yang cukup baik dalam mengembangkan usahanyan dengan strategi yang digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
Basu Swasta DH dan Irwan, 1986, manajemen pemasaaran modern, Liberty, Yokyakarta
Ddandelilin, 1991,”Pemasaran Strategi Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing Perusahaan”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, No 1 Tahun VI 1991, BPFE, Yokyakrta
Suwarsono, 1994, Manajemen Startegi : Konsep, Alat Analisa dan Konteks, UUP AMP YKPN, Yogyakarta
Wheelen, T. L. & Hunger, J. D. (2012). Strategic management and business policy: Toward global sustainability (13thed.). New Jersey: Prentice Hall.
0 komentar:
Posting Komentar